Pentingnya P5 Dalam Pendidikan



Senin, 22 April 2024 Bertempat di ruang data, SMA N 1 Mertoyudan dengan komunitas belajarnya yang Bernama KOMPLID (Komunitas Pembelajar SMANTID) mengadakan kegiatan berbagi praktik baik. Pembicara dalam kegiatan tersebut adalah Ibu Rista Sofiyana, S.Pd. dalam kesehariannya Ibu Rista Sofiyana S.Pd merupakan Guru yang mengampu mata pelajaran matematika. Pada kegiatan berbagi praktik baik kali ini, Beliau menyajikan materi tentang Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Peserta kegiatan tersebut tidak hanya Guru dari SMA N 1 Mertoyudan, akan tetapi juga dihadiri secara daring oleh beberapa Guru dari luar. Acara begitu menarik dan seluruh guru antusias mendengarkan Penjelasan dari Pembicara.

Narasumber berkata bahwa “Sebagai warga SMA N 1 Mertoyudan kita wajib mengetahui apa itu P5, karena kita sebagai pendidik merupakan ujung tombak untuk mewujudkan visi pendidikan indonesia yaitu membentuk pelajar Indonesia yang kompeten, berkarakter dan berperilaku sesuai nilai-nilai pancasila.” Ibu Rista juga menjelaskan apa yang pernah dikatakan oleh Ki Hajar Dewantara “… perlulah anak anak [Taman Siswa] kita dekatkan hidupnya kepada perikehidupan rakyat, agar supaya mereka tidak hanya memiliki ‘pengetahuan’ saja tentang hidup rakyatnya, akan tetapi juga dapat ‘mengalaminya’ sendiri, dan kemudian tidak hidup berpisahan dengan rakyatnya.”

Melalui program projek, peserta didik dapat berkesempatan “mengalami pengetahuan” dari lingkungan sekitar, mempelajari tema/isu-isu penting sehingga dapat melakukan aksi nyata dalam menjawab isu-isu tersebut sesuai tahapan belajarnya, dan terinspirasi untuk berkontribusi bagi lingkungan sekitarnya, itulah panduan projek yang kemudian tim projek menyusun kegiatan yang akan dilaksanakan oleh semua peserta didik.

 

Oleh : Retno Putranti, S.Kom

Narasumber : Rista Sofiyana, S.Pd


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.