Ini Dia Peraih Juara 3 Lomba Paper Competition Tingkat Nasional

        


        Pada 3 Mei 2024, SMA N 1 Mertoyudan berhasil mendapatkan juara 3 ajang UAJY National Paper Competition. Paper Competition ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Civil Engineering Day's oleh Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Paper Competition adalah lomba Karya Tulis Ilmiah yang membahas topik tertentu yang didukung data serta argumen yang kuat dan valid. Lomba ini tidak ada syarat-syarat tertentu selain merupakan siswa SMA yang masih aktif dan mengajukan abstrak terkait dengan paper yang akan dibuat nantinya, sehingga dapat diikuti oleh semua siswa

        Siswa yang mendapat kejuaraan ke-3 yaitu Niqueta Alifvia Putri dan Azzahra Calista Hadi kelas XI-C. Mereka mulai mempersiapkan sekitar awal Maret, mulai dari mencari berbagai referensi hingga akhirnya menjadi produk. Pada sesi penyisihan lomba dilakukan secara daring yang kemudian pada final dilakukan luring tepatnya di Universitas Atma Jaya, Yogyakarta. Tema yang diangkat pada tahun ini yaitu “Pembangunan Kota Hijau dengan Energi Terbarukan”. 

        Alasan mereka mengikuti lomba kali ini adalah untuk menambah pengalaman serta tertarik membuat inovasi dalam pengolahan limbah yang saat ini masih kurang. Serta dapat kita lihat juga di lingkungan sekitar masih terdapat banyak limbah yang bisa mencemari lingkungan sekitar. Dari hal tersebut mereka belajar mengembangkan inovasi dari lingkungan sekitar yang ada. Sehingga mengangkat judul “Inovasi Abu Ampas Tebu Sebagai Bahan Dalam Pembuatan Pupuk Silika Cair” Yang berkaitan dengan subtema ketiga lomba ini yaitu “Inovasi dan Kreasi Produk Pengolahan Limbah “. 

        Mereka mengatakan sempat bingung dalam memilih inovasi dan mencari berbagai referensi di buku dan internet, tetapi mereka tetap enjoy dan merasa seru menjalankan setiap proses-proses dalam lomba ini. 

        “Sebenernya tidak ada tips untuk memenangkan lomba ini, kami hanya berusaha memberikan yang terbaik dari mulai proses awal hingga pada saat presentasi dan alhamdulillah kita dapat membawa paper kami ke juara 3. Ini juga merupakan tantangan baru kami dalam sebuah karya tulis, kami juga sangat bersyukur mendapat juara ke-3” kata Zahra dan Niqueta. 


Narasumber: Zahra Calista Hadi & Niqueta Alifvia Putri (XI-C) 

Penulis : Widya Dwi A (XI-B)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.