Berbakti Praktik Baik Numerasi dalam Pembelajaran dan Penilaian

Hari libur panen duren

Masak telur dicampur nasi

Bapak/Ibu yang keren keren

Izinkan saya mulai presentasi

        Selasa, 7 Mei 2024, Ruang Data SMA Negeri 1 Mertoyudan ramai suara tepuk tangan mendengar pantun dari narasumber. Narasumber bertalenta yang bernama Jumiyati, S.Pd mengawali materi dengan sangat menarik sehingga para peserta sangat antusias dalam menyimak materi yang di sajikan. 

Narasumber yang biasa disapa dengan nama Bu Atik, mengampu mata pelajaran informatika. Dengan kecerdasannya yang sangat kekinian, beliau bisa menyajikan materi numerasi dengan padat, ringkas, dan jelas. Beliau juga mencari contoh yang sangat unik dan mudah dipahami. Beliau menyampaikan materi secara interaktif, sehingga peserta terlibat aktif dalam menanggapi pertanyaan dari narasumber. Setiap perwakilan dari kelompok mata pelajaran wajib memberikan contoh terkait numerasi.

Bu Atik sudah menerapkan numerasi di soal yang Ia berikan kepada siswa. Beliau menjelaskan bahwa numerasi tidak hanya di mata pelajaran matematika, di semua mata pelajaran pun bisa menggunakan literasi. Misalkan di mata pelajaran sosiologi seperti diferensiasi stratifikasi sosial, siswa dapat melakukan pengamatan strttifikasi sosial di lingkungan masyarakat, kemudian dapat menghasilkan data dalam bentuk table ataupun grafik.

Berbakti Praktik Baik ini sangat bermanfaat sekali untuk rekan – rekan SMA Negeri 1 Mertoyudan dan juga peserta yang menghadiri seminar secara daring. 


[Sumber Gambar : Retna Ida Nuraeny, S.Pd]

Oleh : Retno Putranti, S.Kom dan Jumiyati, S.Pd



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.