SEMANGAT BERJUANG SISWA-SISWI SMA N 1 MERTOYUDAN DALAM KSN-K 2021

    Merujuk pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 45 Tahun 2019 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, maka telah dibentuk Pusat Prestasi Nasional. Salah satu fungsi Pusat Prestasi Nasional adalah pelaksanaan pengembangan prestasi satuan pendidikan dan peserta didik. Sehubungan dengan hal tersebut, Pusat Prestasi Nasional bertugas untuk melaksanakan penyiapan kebijakan teknis, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi, dan pelaporan di bidang pengembangan prestasi satuan pendidikan dan peserta didik yang diimplementasikan antara lain adalah pelaksanaan Lomba, Festival, dan Kompetisi. Kompetisi Sains Nasional (KSN) pada tahun 2021. KSN diselenggarakan dengan tujuan untuk memfasilitasi bakat, minat, dan prestasi peserta didik di bidang sains. Selain itu, kompetisi Sains diharapkan mampu membentuk peserta didik berprestasi yang jujur, disiplin, sportif, tekun, kreatif, tangguh, cinta tanah air dan berkarakter.
     Adapun bidang yang dilombakan dalam KSN tahun 2021 meliputi 9 (Sembilan) bidang keilmuan, yaitu: Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi. Mekanisme seleksi penyelenggaraan KSN dilakukan mulai dari tingkat sekolah, kabupaten/ kota, provinsi, nasional, dan internasional. Dalam buku ini, disampaikan informasi mengenai prosedur, peraturan, dan mekanisme kegiatan KSN sebagai pedoman bagi penyelenggara KSN setiap jenjangnya. SMA Negeri 1 Mertoyudan ikut berpartisipasi dalam lomba KSN-K dengan tetap mengikuti protokol kesehatan. KSN-K dilaksanakan pada Kamis (03/6), hingga Jum’at, (04/6) di Laboratorium TIK SMA Negeri 1 Mertoyudan. Bidang keilmuan KSN-K yang diikuti SMA Negeri 1 Mertoyudan yaitu Matematika, Fisiska, Kimia, Informatika, Biologi, Ekonomi, Kebumian dan Geografi dengan 2 orang peserta didik pada masing-masing bidang. Peserta didik berprestasi telah dipilih dan mengikuti bimbingan secara intensif selama 3 bulan.
     Ketua panitia pelaksanaan KSN secara daring, Retna Ida Nuraeny menyampaikan bahwa KSN tahun ini sangat berbeda dengan tahun tahun sebelumnya, karena KSN dilaksanakan secara semi-daring yaitu peserta datang ke sekolah dan mengerjakan secara online, tidak lupa tetap mematuhi protokol kesehatan. Semangat peserta didik untuk berprestasi tidak boleh padam di tengah pandemi COVID-19, termasuk berprestasi di bidang sains.
     "Selamat berjuang siswa-siswi SMA Negeri 1 Mertoyudan!"

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.